PaRa PengUnJung

Rabu, 16 Januari 2013

SWOT


     Analisis lingkungan internal merupakan semua macam manajemen fungsional: pemasaran, keuangan, operasional, sumber daya manusia, penelitian dan pengembangan, system informasi manajemen dan budaya perusahaan (Corporate culture). Dari penugasan faktor internal perusahaan dapat mengidentifikasikan kekuatan (Strenght) dan kelemahan (Weaknesses) yang dimiliki.
     Analisis lingkungan eksternal merupakan lingkungan bisnis yang melingkupi operasi perusahaan yang dapat menimbulkan adanya peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats) bisnis. Secara umum, sebuah unit bisnis harus memantau gaya lingkungan makro yang penting (demografis ekonomi, teknologi, politik-legal dan sosial budaya) dan pelaku lingkungan makro (pelanggan, pesaing, distributor dan pemasok) yang mempengaruhi kemampuannya untuk mendapatkan laba.
     Salah satu tujuan utama dari pemantauan lingkungan adalah mengenali peluang pasar baru. Peluang besar adalah bidang kebutuhan atau minat potensial pembeli yang bisa dijalankan secara menguntungkan oleh perusahaan. Peluang bisa muncul dalam bentuk dan pemasar harus terampil untuk mengenalinya.
     Beberapa perkembangan dilingkungan eksternal menimbulkan ancaman. Ancaman lingkungan adalah tantangan yang muncul dari kecendrungan atau perkembangan yang tidak diinginkan, yang menimbulkan pengurangan penjualan atau laba, jika tidak ada tindakan pemasaran bertahan.
     Empat hasil yang diperoleh sebagai berikut :
·         Bisnis ideal, memiliki peluang utama yang besar dan ancaman utama yang kecil.
·         Bisnis spekulatif, baik peluang maupun ancaman utamanya besar.
·         Bisnis dewasa, baik peluang maupun ancaman utamanya kecil.
·         Bisnis bermasalah, memiliki peluang yang kecil dan ancaman yang besar.
     Dengan kata lain perusahaan akan mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan ketika kekuatan perusahaan melebihi kelemahan yang dimiliki. Oleh karena itu, perusahaan tersebut mampu mengeksploitasi peluang bisnis yang ada meminimalkan ancaman bisnis yang mengelilinginya. Hal inilah yang disebut sebagai analisis SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar