Strategi
merupakan alat untuk mencapai tujuan. Dalam perkembangannya, konsep mengenai strategi
terus berkembang. Oleh karena itu, strategi pemasaran didefinisikan sebagai
analisis, strategi pengembangan dan pelaksanaan kegiatan dalam pemilihan
strategi pasar sasaran produk pada tiap unit bisnis, penetapan tujuan
pemasaran, dan pengembangan, pelaksanaan serta pengelolaan strategi program
pemasaran penentuan posisi pasar yang dirancang untuk memenuhi keinginan
konsumen pasar sasaran.
Faktor situsional dan persaingan yang
harus dihadapi organisasi menjadi perhatian dalam pemilihan strategi pemasaran.
Sebagai contoh, sewaktu manajemen mengembangkan strategi untuk memasuki pasar
baru dapat dimanfaatkan dan permasalahan strategi dan pedoman strategi untuk
memasuki pasar baru.
Menurut Husein Umar (2003:57), perilaku konsumen terhadap suatu objek
sangat dipengaruhi oleh keyakinan seseorang pada suatu produk.
Oleh sebab itu, dibutuhkan mekanisme yang
yang dapat mengkoordinasi program– program itu sejalan dan terintegrasi dengan
sinergestik. Mekanisme ini disebut strategi pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar