PaRa PengUnJung

Rabu, 16 Januari 2013

Pengertian BEP


Analisis break even point adalah suatu teknik analisis untuk mempelajari hubungan antara biaya tetap, biaya variabel, keuntungan dan volume kegiatan. Oleh karena analisis tersebut mempelajari hubungan antara biaya keuntungan – volume kegiatan, maka analisis tersebut sering pula disebut cost, volume, profit (CPV) analysis (Handono Mardiyanto, 2009 : 87).
Untuk lebih jelasnya, saya kutip dari beberapa pendapat :
1.  Titik impas adalah dimana hasil penjualan (revenue) yang diperoleh perusahaan hanya mampu menutup biaya operasional, dalam hal ini perusahaan tidak mengalami kerugian dan tidak mengalami keuntungan (Hendra S. Raharjaputra, 2009 : 128).
2.  Analisis titik impas adalah suatu cara untuk mengetahui berapa volume penjualan minimum agar suatu usaha tidak mengalami rugi, tetapi juga tidak memperoleh laba (dengan kata lain sama dengan nol), (Mulyadi, 1993 : 230).
3.  Titik impas adalah dimana jumlah pendapatan dan jumlah bebannya sama, akan diperoleh bilamana volume penjualan berada dititik impas, sedangkan rugi bersih diderita seandainya volume penjualan berposisi dibawah titik impas (Henry Simamora, 1999 : 163).
4. Break even point adalah suatu keadaan dimana perusahaan dalam kondisi tidak mendapatkan laba atau menderita rugi (Mas’ud Machfoedz, 1996 : 296).
Maka, break even point dapat diartikan suatu keadaan dimana dalam operasi perusahaan, tidak memperoleh laba dan tidak menderita kerugian (total revenue= total cost) (Drs. Sumita, 1981). Apabila perusahaan hanya mempunyai biaya variabel saja, maka tidak akan muncul masalah break – even dalam perusahaan tersebut. Masalah break – even baru muncul apabila suatu perusahaan di samping mempunyai biaya variabel juga mempunyai biaya tetap. Besarnya biaya variabel secara totalitas akan berubah – ubah sesuai dengan perubahan volume produksi, sedangkan  besarnya biaya tetap secara totalitas tidak mengalami perubahan meskipun ada perubahan volume produksi (Dr. Bambang Riyanto, 1999 : 359).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar