PaRa PengUnJung

Rabu, 16 Januari 2013

Pemasaran


     Apa sebenarnya arti pemasaran? Banyak juga yang menduga pemasaran hanya penjualan dan periklanan. Walaupun penting, penjualan dan periklanan hanya dua dari banyak fungsi pemasaran. Oleh karena itu, perusahaan wajib berusaha memahami dan memuaskan kebutuhan pelanggan.
     Sebelum membahas mengenai pengertian manajemen pemasaran, terlebih dahulu perlu diketahui apa yang di maksud pemasaran. Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga,  mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau  jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli (konsumen) yang ada maupun pembeli potensial.
     Jadi dapatlah dikatakan bahwa pemasaran sebagai suatu sistem dari kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan, ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau jasa kepada kelompok pembeli. Kegiatan – kegiatan  tersebut beroperasi didalam suatu lingkungan yang dibatasi oleh sumber – sumber dari perusahaan itu sendiri, peraturan-peraturan maupun konsekuensi sosial dari perusahaan. Pada umumnya dalam pemasaran perusahaan berusaha menghasilkan laba dari penjualan dan jasa yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Selain itu, pemasaran juga dilakukan untuk mengembangkan, mempromosikan, dan mendistribusikan program – program dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
     Definisi manajemen pemasaran menurut Philip Kotler (2002:9) adalah suatu proses sosial uang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
     Definisi manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penentapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran – sasaran individu dan organisasi. Manajemen pemasaran tidak saja menyangkut pencarian dan peningkatan permintaan, tetapi juga menyangkut pengubahan atau bahkan pengurangannya.
     Kegiatan pemasaran dulunya hanya dikenal dengan kegiatan distribusi dari penjualan. Sekarang, menjadi luas yaitu sebagaimana cara produsen menarik keuntungan yang baik tidaklah cukup dengan menghasilkan produk yang baik, melainkan juga bagaiman memasarkan produk tersebut. Oleh karena itu kegiatan pemasaran sekarang menjadi suatu kegiatan kompleks. Untuk itu suatu perusahaan yang ingin maju didalam usahanya harus memahami masalah pemasaran.
     Jadi, manajemen pemasaran bertugas mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya. Manajemen pemasaran pada intinya adalah manajemen permintaaan.
     Tugas pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar